Image
By Administrator

SOSIALISASI TERKAIT PRAKTIK PUNGLI YANG SERINGKALI TERJADI

Senin, 24 September 2018; |  Jam 09:55:56 WIB  |  18 comments

Pungutan Liar atau yang biasa disebut sebagai Pungli merupakan kegiatan yang sering kali terjadi, untuk itu Kecamatan Kopo menggelar kegiatan Sosialisasi Stop Pungli untuk mencegah oknum-oknum tidak bertanggung jawab melancarka aksinya. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Muspika Kopo dan Kepala Desa.

Dengan pertimbangan bahwa praktik pungutan liar (Pungli) telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, pemerintah memandang perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien, dan mampu menimbulkan efek jera. Dalam upaya pemberantasan pungutan liar itu, pemerintah memandang perlu dibentuk satuan tugas sapu bersih pungutan liar.

Atas dasar pertimbangan tersebut, Presiden Joko Widodo pada 20 Oktober 2016 telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, yang selanjutnya disebut Satgas Saber Pungli.

Pungutan liar atau pungli adalah pengenaan biaya di tempat yang tidak seharusnya biaya dikenakan atau dipungut. Kebanyakan pungli dipungut oleh pejabat atau aparat, walaupun pungli termasuk ilegal dan digolongkan sebagai KKN, tetapi kenyataannya hal ini jamak terjadi di Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan pemerintah lebih jeli lagi terhadap permasalah pungli yang seringkali terjadi dan dilakukan oleh pejabat atau aparat pemerintahan.

18 komentar pada artikel ini