Image
By Administrator

DIALOG LINTAS AGAMA, TINGKATKAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

Kamis, 11 Oktober 2018; |  Jam 09:42:11 WIB  |  497 comments

Pada tanggal 10 Oktober 2018, telah berlangsung Dialog Lintas Agama dengan berbagai kalangan masyarakat dan profesi di Kabupaten Serang. Kegiatan tersebut berlokasi di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Serang yang juga di hadiri oleh perwakilan dari seluruh Agama.

Dialog Lintas Agama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerukunan antar Agama yang ada. Pemeliharaan kerukunan umat beragama merupakan upaya bersama umat beragama maupun pemerintah/organisasi di bidang pelayanan, pengaturan, dan pemberdayaan umat beragama.

Agama adalah sebuah koleksi terorganisir dari kepercayaan, sistem budaya, dan pandangan dunia yang menghubungkan manusia dengan tatanan/perintah dari kehidupan. Banyak agama memiliki narasi, simbol, dan sejarah suci yang dimaksudkan untuk menjelaskan makna hidup dan/atau menjelaskan asal usul kehidupan atau alam semesta. Dari keyakinan mereka tentang kosmos dan sifat manusia, orang memperoleh moralitas, etika, hukum agama atau gaya hidup yang disukai. kerukunan umat beragama adalah keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agama dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengharapkan kegiatan ini mampu memberdayakan hubungan toleransi tiap umat beragama. Kebinekaan yang dianggap sebagai kekayaan bangsa mampu terjaga dengan baik, sehingga disentegrasi yang menghantui bangsa ini tidak lagi menjadi hal yang polemik.

497 komentar pada artikel ini