Image
By Administrator

pembentukan dan pembinaan Bank Sampah di Kabupaten Serang dan kota serang

Kamis, 22 November 2018; |  Jam 14:47:17 WIB  |  0 comments

Pada 20 September 2018, camat Kramatwatu menghadiri pembentukan dan pembinaan Bank Sampah di Kabupaten Serang dan kota serang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang rapat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Provinsi Banten.

Masalah sampah memang menjadi suatu permasalahan yang belum bisa di atasi sepenuhnya di Indonesia dan diperkirakan jumlah sampah akan terus bertambah setiap tahunnya. Berdasarkan data dari penelitian yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sampah non organik terus meningkat. Di antara beberapa jenis, sampah plastik juga mengalami peningkatan dari segi jumlah. Berbagai macam upaya sudah di berikan dan di gagas oleh pemerintah yang berwenang, salah satunya adalah Bank Sampah.

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah. Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan .[Penyetor adalah warga yang tinggal di sekitar lokasi bank serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank.

Dengan di adakanya pembentukan dan pembinaan Bank Sampah, pemerintah Kabupaten Serang dibawah pimpinan Ratu Tatu Chasannah ebrharap agar jumlah sampah bisa berkurang dan kesadaran akan membuang sampah sesuai dengan jenisnya bisa di optimalkan.