Image
By agus

Gotong Royong di Pengarengan Pejaten

Rabu, 12 Maret 2019; |  Jam 11:32:15 WIB  |  0 comments

Pada minggu ke dua Bulan Maret dilakukan gotong royong di Kampung Pengarengan Desa Pejaten Kecamatan Kramatwatu. Gotong royong di pimpin langsung Bapak DPRD asal Kecamatan Krawatwatu Bapak Ali, Bapak  Lurah beserta Ibu Lurah, Bapak Koramil dan Warga Kp.Pengarengan Desa Pejaten. Gotong royong dilaksanakan dalam rangka perbaikan saluran.

Saluran yang ada ditepi jalan tersebut perlu dilakukan pembersihan agar tidak mampet dan untuk menjaga lingkungan sekitarnya agar bersih dan indah. Gotong royong merupakan istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini berasal dari gotong berarti "bekerja", dan royong berarti "bersama". Bersama dengan musyawarah, pantun, Pancasila, hukum adat, ketuhanan, dan kekeluargaan, gotong royong menjadi dasar filsafat Indonesia seperti yang dikemukakan oleh M. Nasroen

Sebagai makhluk sosial manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan memerlukan orang lain dalam berbagai hal, seperti bergaul, bekerja, tolong menolong, kerja bakti, keamanan, dan lain-Lain. Begitu pula dengan lingkungan tempat tinggal kita, kondisi saluran yang berada di luar pagar namun memiliki keterhubungan dengan rumah dan lingkungan kita menjadi tanggaung jawab kota bersama untuk menjaga dan membersihkannya. Kerjasama yang dilakukan secara bersama-sama ini lah yang disebut sebagai gotong-royong, dan akhirnya menjadi strategi dalam pola hidup bersama yang saling meringankan beban masing-masing.

Adanya kerjasama semacam ini merupakan suatu bukti adanya keselarasan hidup antar sesama bagi komunitas, terutama yang masih menghormati dan menjalankan nilai-nilai kehidupan, yang biasanya dilakukan oleh komunitas perdesaan atau komunitas tradisional. Gotong Royong merupakan sebuah bentuk partisipasi aktif untuk memberikan nilai positif dalam suatu permasalahan dan kebutuhan di dalam masyarakat.

Bentuk partisipasi tidak hanya berupa tenaga saja namun dapat juga berupa materi, keuangan, ketrampilan, ide dan gagasan, serta bantuan berupa mental dan spiritual. Dengan bergotong royong, pekerjaan yang sulit akan terasa mudah dan selesai dengan cepat.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi kegiatan kebersihan secara gotong royong ini karena dengan adanya satu tindakan kebersihan bersama mencegah banyak kerugian yang muncul akibat  tersumbatnya saluran air di wilayah Kecamatan Kramatwatu yang apabila tidak ditangani akan menyebabkan terjadinya banjir atau wabah yang disebabkan oleh nyamuk yang bersarang di genangan saluran air yang mampet.