Image
By agus

Pusling di Waringin Kurung

Jumat, 14 Maret 2019; |  Jam 15:51:21 WIB  |  1 comments

Perpustakaan sebagai salah satu sarana pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan ilmu pengetahuan ditunjukan untuk seluruh lapisan masyarakat, baik yang berada di pusat kota maupun yang ada di daerah pedesaan.  Untuk dapat menjangkau daerah pedesaan yang jauh dari pusat kota diperlukan upaya pembaharuan agar masyarakat yang tinggal jauh dari kota dapat turut menikmati perpusatakaan Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menghadirkan perpustakaan keliling.

Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menggiatkan perpustakaan keliling yang dapat menjangkau seluruh wilayah kabupaten yang luas. kegiatan ini rutin dilakukan dengan menggunakan mobil Perpustakaan keliling ke Sekolah  Se- Kabupaten Serang. Pada awal Maret ini  DPKD tengah berada di MTS. Mithaul Hayat Kecamatan Waringin Kurung. Siswa siswi sangat antusias menyambut Perpustakaan Keliling ini mengingat lokasi sekolah ini cukup jauh dari pusat kota.

Perpustakaan keliling dapat dikatakan sebagai suatu alternatif layanan terobosan teknologi modern yang melakukan pelayanan menggunakan jasa transportasi antar untuk menyediakan koleksi bahan bacaan kepada pemustaka secara terbuka (di luar ruangan). Pemustaka dapat mendapatkan informasi berjalan tanpa harus berpindah tempat tetapi pemustaka yang didatangi, sehingga lebih memudahkan pemustaka yang jauh dari perpustakaan umum untuk menemukan informasi yang dicari atau dibutuhkan. Pemustaka pada acara ini adalah anak-anak sekolah yang fasilitas perpustakaannya masih terbatas dalam hal koleksi dan variasi bukunya.

Perpustakaan keliling pemda ini adalah perpustakaan yang bergerak (mobile library) dengan membawa koleksi seperti buku, majalah, koran, dan koleksi lainnya untuk melayani pelajar dari suatu tempat ke tempat lain yang belum terjangkau oleh layanan perpustakaan umum. Hal ini sejalan dan sesuai dengan amanat UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, pasal (2) yang menyebutkan bahwa:“Perpustakaan diselenggarakan berdasarkan asas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan, keprofesionalan, keterbukaan, keterukuran dan kemitraan yang bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Upaya perpustakaan keliling ini banyak mendapat masukan dari berbagai pihak utnuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan keliling yaitu pengelola perpustakaan untuk dapat meninjau kembali kelangkapan sarana-prasarana. Perlu adanya pengadaan kursi dan meja baca, tikar alas untuk duduk, tenda baca, payung, pengeras suara (microfon) dan penyediaan logistik seperti minuman agar lebih menarik sebagai fasilitas pendukung membantu pemustaka secara maksimal menggunakan memanfaatkan layanan membaca di tempat

 

Sistem layanan sirkulasi di perpustakaan keliling masih menggunakan sistem manual, yaitu petugas mendata berapa banyak buku yang telah dibaca, dipinjam/ dikembalikan. Belum tersedia layanan peminjaman buku dikarenakan ketersediaakan koleksi buku yang dimiliki terbatas. Sehingga Perpustakaan Keliling hanya menyediakan layanan membaca di tempat dan layanan buku daftar kunjuangan pemustaka.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap dengan adanya kegiatan purpustakaan keliling ini semua masyarakat baik dari kalangan kecil sampai ke atas dapat meningkatkan  pengetahuan dan menurunkan tingkat buta aksara yang pada akhirnya akan meningkatkan indek pembangunan manusia utamaya dibidang pendidikan di Kabupaten Serang khususnya di Negara Indonesia.

    aplikasi absensi karyawan online
    10 April 2019 - 22:02:33 WIB
    <a href="https://distroprogrammer.com/aplikasi-absensi-k aryawan-online/">https://distroprogrammer.com/apl ikasi-absensi-karyawan-online/</a>


    << First | < Prev | 1 | Next > | Last >>