Image
By agus

PENGUMUMAN SERANG OPEN

Selasa, 16 April 2019; |  Jam 10:33:27 WIB  |  0 comments

PENGUMUMAN

Bagi masyarakat yang akan mengajukan dana hibah bansos, yang sebelumnya mengakses website "serang open" melalui Website "serangkab.go.id", maka untuk saat ini dapat langsung mengakses melalui alamat website: "serangopen.serangkab.go.id"

Demikin, harap menjadi maklum.

Serang Open, atau yang memiliki arti Serang Peduli digagas oleh Pemerintah Kabupaten Serang untuk memfasilitasi keterbukaan dalam perwujudan program bansos dan hibah melalui media online.

Program Serang Open bertujuan agar jalannya dana bantuan yang diturunkan Pemerintah Kabupaten Serang untuk membiayai berbagai proyek sosial yang diinginkan masyarakat dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka. Seluruh proses dalam Serang Open dapat terlihat dan diawasi oleh seluruh lapisan masyarakat

Melalui Serang Open, seluruh masyarakat dan organisasi di Kabupaten Serang dapat :

  1. Mengirimkan proposal terkait hibah bansos dan memonitor bagaimana status proposal tersebut (apakah diterima, ditolak, sedang diverifikasi, dan sebagainya); serta
  2. Ikut berpartisipasi dalam memonitor jalannya hibah bansos yang sudah disetujui oleh Pemerintah Kabupaten Serang sehingga dapat turut memberikan masukan dan saran terkait jalannya hibah bansos tersebut.

 

BAGAIMANA CARA TAHAPAN/PROSES PERMOHONAN HIBAH ?

  1. Badan, Lembaga dan Organisasi Masyarakat mendaftarkan proposal hibah secara online melalui aplikasi Serang Open
  2. Badan, Lembaga dan Organisasi Masyarakat menyerahkan kelengkapan dokumen secara langsung kepada Pemerintah Kabupaten Serang
  3. TU Pimpinan akan memeriksa kelengkapan proposal dan dokumen pendukung proposal tersebut dan melakukan entry data.
  4. Apabila permohonan tidak lengkap, maka dikembalikan kepada Pemohon Hibah dan yang bersangkutan.
  5. Dalam hal permohonan telah lengkap maka, Kepala Sub. Bagian TU Pimpinan meneruskan dokumen permohonan hibah kepada Bupati.
  6. Bupati akan mendisposisi proposal tersebut kepada Kepala Sub Bagian TU Pimpinan untuk dicatat dan disampaikan kepada tim pertimbangan.
  7. Tim pertimbangan akan mendistribusi proposal kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait sesuai bidangnya
  8. OPD (Organisasi Perangkat Daerah) menyampaikan hasil verifikasi dan evaluasi permohonan Hibah kepada TAPD melalui Tim Pertimbangan
  9. Berdasarkan hasil verifikasi dan evaluasi yang dilakukan oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah), maka Tim Pertimbangan memberikan pertimbangan berupa :
    1. Rekomendasi dapat dipertimbangkan; atau
    2. Rekomendasi tidak dapat dipertimbangkan.
  10. Rekomendasi dapat dipertimbangkan disampaikan kepada Ketua TAPD disertai dengan daftar hasil verifikasi dan evaluasi atas pengajuan permohonan hibah.
  11. Ketua TAPD memberikan pertimbangan atas rekomendasi Tim Pertimbangan sesuai dengan prioritas dan kemampuan keuangan Daerah, yang dituangkan dalam Daftar Nominatif Calon Penerima Belanja Hibah (DNCPBH)
  12. Hasil pertimbangan Ketua TAPD disampaikan kepada Bupati.