Image
By agus

Distribusi Kotak Suara Ciruas

Kamis, 18 April 2019; |  Jam 11:04:33 WIB  |  0 comments

Pembagian kotak suara telah dilakukan menjelang pelaksanaan pemilu 17 April, pembagian kotak suara yang dilakukan oleh KPUD Kabupaten Serang ke seluruh PPK Kecamatan.  Pada 16 April lalu telah dilaksanakan distribusi kotak suara di PPK Kecamatan Ciruas. Proses distribusi ini mendapat kunjungan dari Wakil Bupati Serang yang melakukan pemantauan proses persiapan pemilu. 

Kotak suara dikirim dengan truk angkut yang mendapat pengawalan ketat dari aparat Polisi dan Tentara. Petugas pengawal bertugas untuk menjaga dari ancaman dan potensi bahaya yang mungkin terjadi pada proses pengiriman. Petugas juga membuka jalan bagi truk pengangkut agar cepat sampai ke tujuan dengan selamat. Petugas yang diterjunkan berjumlah cukup banyak  untuk disebar ke beberapa tujuan pengiriman.

Untuk mensiasati pengiriman yang lambat, KPU memiliki strategi dalam pengiriman logistic. KPU daerah sudah membuat prioritas yang akan dikirimkan logistik lebih dulu. Hal ini juga untuk mengantisipasi berbagai hambatan selama perjalanan sampai ke daerah tersebut. Banyaknya transportasi yang dibutuhkan untuk menuju ke daerah menjadi salah satu alasan KPU sudah mengirimkan beberapa logistik ke daerah. Hal ini dilakukuan agar beban pekerjaan tidak menumpuk di akhir, sehingga proses distribusinya menjadi berat.

Kotak suara untuk masing-masing TPS berjumlah 5 Buah kotak. Kotak tersebut merupakan tempat yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan kertas suara yang telah dicoblos saat pemilu berlangsung. Kotak –kotak tersebut berwarna sesuai dengan kertas suara. Untuk kertas suara pemilihan Presiden kotak diberi warna abu-abu. Untuk yang lainnya adalah kotak untuk pemilihan DPD, DPR Republik Indonesia, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

 Kecamatan Ciruas  yang terdiri dari 15 Desa membutuhkan waktu yang cukup untuk mendistribusikan ke masing-masing desa tersebut. Desa-desa yang ada antara lain Bebaran, Bumijaya, Cigelam, Ciruas, Citerep, Gosara, Kadikaran, Kaserangan, Kepandean, Pamong, Pelawad, Penggalang, Pulo, Ranjeng dan Singamerta. Masing-masing desa memiliki banyak TPS yang tersebar di seluruh level lingkungan.

Keseluruhan jumlah TPS yang ada di Kecamatan Ciruas berjumlah dua ratus dua puluh tujuh TPS.  Persebaran jumlah TPS antara lain Desa Bebaran 11 TPS, Desa Bumijaya sebanyak 13 TPS, Desa Cigelam sebanyak 16 TPS, Desa Ciruas sebanyak 7 TPS, Desa Citerep sebanyak 19 TPS, Desa Gosara sebanyak 7 TPS, Desa Kadikaran sebanyak 12 TPS, Desa Kaserangan sebanyak 11 TPS, Desa Kepandean sebanyak 15 TPS, Desa Pamong sebanyak 11 TPS, Pelawad, sebanyak 28 TPS, Desa Penggalang sebanyak 12 TPS, Desa Pulo sebanyak 17 TPS, Desa Ranjeng sebanyak 37 dan Desa Singamerta sebanyak 11 TPS. Masing-masing desa memiliki banyak TPS yang tersebar di seluruh level lingkungan.

Pemerintah Kabupaten Serang dalam pemilu ini melakukan berbagai macam kegiatan dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019. Upaya pemantau dilakukan mulai dari proses awal persiapan pemilu, sosialisasi dan pemantau rutin untuk mengecek personil dan logistik dan pengamanan pemilu. Semua hal tersebut dilakukan dalam rangka menjaga kondisi aman dan trentam sebelum dan sesudah pemilu berlangsung.

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bahwasanya dengan adanya pesta demokrasi yang akan berlangsung tanggal 17 April mendatang berlangsung dengan tertib lancar langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Masyarakat agar menentukan pilihan sesuai dengan hati nuraninya hal ini agar stabilitas sosial politik di wilayah Kabupaten Serang agar tetap terjaga secara kondusif yang pada akhirnya akan berpengaruh pada pembangunan Kabupaten Serang untuk  masa saat ini dan kedepannya