Image
By agus

TK Al Hidayah Belajar di Lapangan

Senin, 27 Mei 2019; |  Jam 11:01:36 WIB  |  0 comments

Bidang DAMKAR BPBD Kab. Serang Menerima kunjungan dari TK AL-Hidayah Kubang Kemiri Sukamana Kaligandu dengan jumlah Siswa 19 & guru pendamping 3, dalam rangka memberikan Pelajaran & pengenalan Alat Pelindung Diri (APD) sejak usia dini.

 

Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang memberikan pengenalan profesi dan simulasi tanggap bencana kepada siswa Taman Kanak-Kanak TK AL-Hidayah. Wajah-wajah ceria 19 anak-anak TK dari AL-Hidayah begitu terlihat ketika berkunjung ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang. Terlebih saat mereka diperkenalkan alat pendukung BPBD dalam menanggulangi bencana seperti mobil damkar dan seragam secara lengkap.

Kunjungan itu bertujuan memberi pengetahuan apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana. Selain mengenalkan alat, para murid TK diajak melakukan simulasi penanggulangan bencana. 

 

Selain pengenalan pasukan, mereka juga diberi pemahaman dan pendidikan apa apa saja yang menjadi penyebab kebakaran, beserta penanggulangannya. Edukasi bencana sangat perlu dilakukan sebagai pembelajaran dan perkenalan awal pada serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana diharapkan dengan adanya sosialisasi ini para anak anak dapat menambah pengetahuannya dibidang bencana. Memberika edukasi terhadap anak usia dini memang perlu ditingkatkan terutama bagi di daerah daerah rawan bencana. Selain itu edukasi bencana pada anak usia dini memang salah satu langkah awal dalam membangun masyarakat sadar bencana, sehingga saat terjadi bencana mereka tidak panik dan binggung karena sudah memiliki bekal dalam menghadapi bencana. Hal ini juga merupakan cara mengurangi resiko bencana dengan harapan pengetahuan yang didapat ditularkan pada lingkungan sekitar dalam rangka mengurangi resiko bencana.

 

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah pimpinan Bupati Serang Ratu Tatu chasanah mengapresiasi kegiatan Kerjasama yang dilakukan antara PAUD wilayah Kabupaten Serang dengan BPBD kabupaten Serang guna melakukan edukasi kepada masyarakat semenjak dini akan pentingnya keberadaan BPBD kabupaten Serang dan teknik-teknik dan tata cara menghadapi suatu kejadian kebencanaan sangat Diharapkan dengan adanya pendidikan semenjak dini pengetahuan yang diajarkan akan melekat ke dalam hati anak-anak PAUD untuk menjadikan warga negara yang tanggap bencana dan mampu mencegah terjadinya bencana seperti kebakaran dan sebagainya yang pada hari akhir nanti bibit-bibit ini akan mewujudkan dan meningkatkan indeks pembangunan manusia di wilayah Kabupaten Serang.