Image
By agus

DPKD Gelar Lomba Sadar Arsip

Rabu, 21 Agustus 2019; |  Jam 10:19:39 WIB  |  0 comments

SERANG,-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Serang menggelar kegiatan lomba sadar arsip tingkat kabupaten, 14 Juni 2019. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya arsip daerah.

Kegiatan merupakan bentuk dukungan tentang pentingnya tertib mengelola arsip. Penyimpanan dan pengelolaan arsip yang baik merupakan bagian penting dari pencapaian kinerja instansi atau organisasi dan untuk melihat hasil kinerja pada masa sebelumnya.

Membangun kesadaran arsip untuk mengelola arsip cukup penting. Karena arsip masih dilihat sebelah mata, tak hanya bagi organisasi tetapi juga dalam birokrasi pemerintahan. Tak hanya itu, pentingnya arsip belum dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Padahal arsip merupakan bagian dari data, catatan peristiwa dan sejarah dari perjalanan kinerja suatu instansi sehingga jika hilang akan mengaburkan kerja yang telah dilaksanakan. Arsip adalah bukti dari catatan peristiwa, program surat surat penting bahwa suatu program atau kegiatan telah dillaksanakan dengan baik dan sesuai prosedur.

Peranan yang belum dilihat ini menyebabkan seakan akan arsip menjadi sebuah karya dunia yang dipinggirkan ole masyarakat juga organisasi. Penyelenggaraan kesdaran arsip di Kabupaten Serang selama ini belum sepenuhnya memberikan andil dan berperan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan.

Lomba yang dilakukan ini sebagai bentuk upaya menyadarkan masyarakat betapa pentingnya tata kelola arsip. Dengan demikian kegiatan tersebut akan rutin dilakukan setiap tahun.

Untuk mereka yang menang akan mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan. Dengan demikian akan ada semangat dari intansi untuk bisa menata arsip dengan baik. Diharapkan kedepan, tanpa ada lomba pun penataan arsip bisa lebih baik lagi.

Pemerintah Kabupaten Serang dibawah kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah SE, M.Ak saat ini masih menjadikan program pengarsipan sebagai salah satu program penting. Bahkan saat ini pemkab Serang bekerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk mendapatkan beasiswa arsip aris.

Karena perlu disadari jika keberadaan arsip aris di Kabupaten Serang masih sangat sedikit bahkan minim. Oleh karena itu besar harapannya agar lulusan arsip aris ini bisa dioptimalkan nantinya oleh Pemkab Serang. (*)