Image
By agus

PATBM Kabupaten Serang

Senin, 11 November 2019; |  Jam 10:15:41 WIB  |  0 comments

SERANG, Oktober 2019

Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Serang dan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A)  melaksanakan Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di dua kecamatan yaitu Kecamatan Waringin Kurung dan Kecamatan Tunjung Teja pada akhir Oktober 2019.

Sosialisasi yang di buka oleh Kadis DKBP3A Kabupaten Serang ini dilaksanakan di Aula Kecamatan. Hadir pada acara tersebut unsur masyarakat Kecamatan dan unsur pemerintah kecamatan serta Ketua P2TP2A Kabupaten Serang. Dijelaskan dalam sosialisasi ini mengenai PATBM.

PATBM adalah sebuah Gerakan dari jaringan atau kelompok warga di tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak. PATBM ini merupakan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya – upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku untuk memberikan perlindungan kepada anak.

Maksud dari Gerakan PATBM adalah untuk memberdayakan kapasitas masyarakat agar mampu menyelesaikan berbagai persoalan anak yang ada di masyarakat secara mandiri. Gerakan PATBM ini bertujuan untuk mencegah kekerasan terhadap anak dan menanggapi kekerasan terhadap anak. Sasaran dari gerakan PATBM adalah Anak yaitu meningkatkan kemampuan anak untuk melindungi hak – haknya termasuk melindungi dirinya sendiri, Keluarga yaitu penguatan ketrampilan pola asuh anak dan penguatan ketrampilan hidup serta sasaran bagi Masyarakat yaitu membangun dan memperkuat norma yang ada di masyarakat.

PATBM ini bukan merupakan kegiatan yang baru tapi gerakan ini hanya untuk memperkuat struktur perlindungan anak yang sudah ada di masyarakat. Walaupun PATBM hanya berupa gerakan tapi harus ada regulasi dan tata kelola pengorganisasiannya, baik pengorganisasian di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota dan juga di tingkat desa/kelurahan.

Melalui PATBM, masyarakat diharapkan mampu mengenali, menelaah, dan mengambil inisiatif untuk  mencegah dan memecahkan permasalahan kekerasan terhadap anak yang ada di lingkungannya sendiri.

Pemerintah Kabupaten Serang berharap dengan adanya PATBM di lingkungan kecamatan dan Desa akan dapat lebih memberikan kenyamanan bagi anak dalam melakukan aktivitasnya. Karena anak adalah investasi bangsa, dan penerus bangsa khususnya Kabupaten Serang. Upaya ini diharapkan juga dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia.